Jumat, 05 Februari 2021 16:31
Print

Tulungagung – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua berupaya perkuat kerjasama dengan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Hal tersebut dibuktikan dengan kunjungan kerja Rektor IAIN Fattahul Muluk, Idrus Alhamid bersama beberapa pejabat ke IAIN Tulungagung pada Kamis (04/02/2021). Dalam hal tersebut Rektor IAIN Fattahul Muluk didampingi oleh Wakil Rektor III, Talabudin Rumkabu; Direktur Pascasarjana, Husnul Yaqindan Dekan Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum, Eko Siswanto.

 

Rombongan dari IAIN Fattahul Muluk diterima oleh Rektor IAIN Tulungagung, Maftukhin beserta jajaran di Aula Lantai 3 Gedung Rektorat IAIN Tulungagung dengan tetap berupaya mematuhi protokol kesehatan terkait adanya pandemi Covid-19.

 

Rektor IAIN Fattahul Muluk, Idrus Alhamid dalam sambutannya menyampaikan bahwa pihaknya berterimakasih kepada IAIN Tulungagung yang telah menerima kunjungan kerja tersebut. Dia berharap dengan adanya kunjungan ini nantinya dapat menambah kuat jalinan kerjasama antar dua Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) ini.

 

Sementara itu, Rektor IAIN Tulungagung, Maftukhin dalam sambutannya menyampaikan selamat datang kepada rombongan dari IAIN Fattahul Muluk. Menurutnya ini merupakan momen yang cukup berharga bagi kedua belah pihak yang mana penting bagi sesama PTKIN untuk bekerja sama dan bersama-sama membangun PTKIN menjadi lebih baik.

 

Lebih lanjut Maftukhin menyampaikan opmitismenya bahwa jika sesama PTKIN bisa bekerja sama dan bersama-sama serta saling mendukung, bukan tidak mungkin PTKIN bisa setara dengan PTN-PTN yang sudah lebih dulu besar. Karena dari beberapa fakta ada PTKIN yang lebih besar dari PTN dari segi jumlah mahasiswanya.

 

Menurut Maftukhin, jalinan kerjasama antara IAIN Tulungagung dengan IAIN Fattahul Muluk nantinya bisa berupa kerjasama pertukaran dosen, pemberian beasiswa bagi alumni S-1 di IAIN Fattahul Muluk untuk melanjutkan S-2 di IAIN Tulungagung dan kerjasama dalam bentuk-bentuk yang lain yang dapat meningkatkan kapasitas masing-masing. Apalagi sekarang ada kebijakan kampus merdeka yang tentu semakin membuka lebih lebar peluar kerjasama.

 

“Mungkin dengan kampus merdeka ini kita bisa student exchange, atau lecture exchange juga bisa,” kata Rektor.

 

Selain itu, masih kata Maftukhin, kerjasama juga bisa dilakukan dalam rangka pengembangan organisasi atau penguatan NKRI, warna Islam di Jayapura dan banyak hal yang berkaitan dengan soal-soal sosial yang bisa kita kerjasamakan.

 

Tak lupa sebelum mengakhiri sambutannya, Rektor IAIN Tulungagung juga mengucapkan terimakasih kepada rombongan IAIN Fattahul Muluk yang telah berkenan berkunjung ke IAIN Tulungagung.

 

Setelah sambutan dari rektor acara dilanjutkan dengan penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) antara IAIN Tulungagung dengan IAIN Fattahul Muluk Papua serta Perjanjian Kerjasama antara Direktur Pascasarjana IAIN Tulungagung dengan Direktur Pascasarjana IAIN Fattahul Muluk Papua. Selain itu, juga disepakati kerjasama terkait pelaksanaan Training of Trainer (ToT) bagi pengajar Baca Tulis Al-Qur’an metode An-Nahdliyah oleh IAIN Tulungagung kepada IAIN Fattahul Muluk Papua.(sin)