Selasa, 14 November 2017 16:34
Print

Tulungagung –Dalam rangka ikut berpartisipasi dalam meningkatkan kecintaan masyarakat akan Bahasa Arab, Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Arab (HMJ-PBA) IAIN Tulungagung menyelenggarakan Gebyar Bahasa Arab. Acara tersebut dibuka di Aula Utama IAIN Tulungagung Selasa Pagi (14/11/2017) dan akan dilaksanakan hingga Kamis Malam (16/11/2017) yang mana diisi dengan berbagai lomba yang diikuti oleh kurang lebih 600 siswa dan siswi SLTA dari eks_Karesidenan Kediri.

Menurut Ketua Jurusan PBA, Kojin, bahwa kegiatan tersebut diisi dengan beberapa lomba antara lain, Kaligrafi, Kitobah, Imatoh, Qiro'atul Kutub, Qiro'atul Qur'an. Adapun berbagai lomba tersebut memperebutkan Piala Rektor IAIN Tulungagung.

Lebih lanjut menurut Kojin, bahwa kegiatan ini memiliki tujuan untuk membekali remaja dengan Bahasa Arab untuk siap menghadapi era globalisasi. Menurutnya di era globalisasi seperti saat ini sangat dibutuhkan penguasaan bahasa asing, salah satunya bahasa Arab.

“Dengan kuatnya kecintaan para remaja kepada Bahas Arab, diharapkan mereka akan rajin belajar Bahasa Arab sehingga nantinya ketika terjun di masyarakat mereka bisa memanfaatkannya dalam kehidupan sehari-hari, misalnya untuk menjadi penerjemah bagi wisatawan dari kawasan Arab yang datang ke Indonesia”, kata Kojin.

Gebyar Bahasa Arab ini, menurut Kojin diharapkan juga untuk ajang penyiapan kontingen dalam lomba di tingkat provinsi Jawa Timur.

Mewakili Bupati Tulungagung, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Pemkab Tulungagung, Suyadi dalam sambutannya pada acara pembukaan menyampaikan, bahwa pihaknya mengapresiasi positif kegiatan tersebut. Menurutnya kegiatan seperti Gebyar Bahasa Arab ini perlu ditingkatkan untuk mendorong kaum muda lebih berprestasi, khususnya dalam bidang Bahasa Arab.

“Tidak hanya sekedar memberikan motivasi, tapi kami juga siap membina dan memberikan apresiasi pada mahasiswa atau siswa yang berprestasi”, pungkasnya sebelum membuka acara. (humas)

Add comment

Security code
Refresh