Selasa, 11 Juli 2017 13:55
Print

Tulungagung – Prestasi gemilang kembali diraih oleh mahasiswa IAIN Tulungagung, yakni terpilih sebagai Duta GenRe BKKBN Jawa Timur. Adalah Yauma Tartibi, mahasiswa semester VI jurusan Pendidikan Agama Islam yang berhasil meraih anugerah tersebut.

Perlu diketahui bahwa Duta GenRe atau Generasi Berencana tersebut merupakan program baru Badan Koordinasi Keluarga Berencanan Nasional (BKKBN) Jawa Timur yang bertujuan untuk mempersiapkan kehidupan dan perencanaan dalam berkeluarga bagi remaja.

Dituturkan oleh Yauma, bahwa kegiatan tersebut merupakan kelanjutan dari pemilihan Duta GenRe yang diselenggarakan di tingkat Kabupaten Tulungagung pada bulan Mei lalu. Karena Yauma memenangi di tingkat Kabupaten maka dia berhak untuk mengikuti even di tingkat Provinsi Jawa Timur.

Menurut Yauma, perjuangan untuk bisa menjadi Duta GenRe tidaklah mudah. Dia harus melalui berbagai tes yang dilakukan oleh Dewan Juri yang disiapkan oleh BKKBN Jawa Timur. Dia harus mengikuti tes berupa tes tulis, tes wawancara, tes public speaking dan tes bakat dan minat.

“Tidak sampai situ saja, peserta yang lolos 10 besar harus mampu menjawab berbagai pertanyaan yang telah disediakan oleh dewan juri dan pertanyaan itu berupa persoalan-persoalan yang harus diselesaikan oleh berbagai finalis”, terang Yauma yang pada awalnya hanya coba-coba untuk mengikuti even BKKBN Jawa Timur tersebut.

Tidak hanya tes tulis maupun penyelesaian soal-soal yang diajukan dewan juri, tapi para finalis juga diadu skillnya dalam beberapa bidang, termasuk keterampilan pembuatan vidio profil, membuat paper, membuat poster dan sebagainya. Semua persyaratan tersebut dikirimkan ke kantor BKKN Jawa Timur.

“Dan Alhamdulillah, nama saya tercantum untuk mengikuti karantina finalis dalam grand final pemilihan Duta GenRe tingkat Jawa Timur”, tutur Yauma penuh rasa syukur.

Yang paling berkesan menurut Yauma adalah ketika mengikuti karantina. Selama  karantina,  banyak sekali kegiatan-kegiatan yang dilakukan.  Yaitu tes tulis dengan 100 soal pilihan ganda, mempresentasikan paper yang sudah dikirimkan,  FGD dengan teman-teman kelompok serta juga melakukan penyuluhan 10 menit dengan tema  yang telah ditentukan oleh juri.

Setelah tahap-tahap tes serta penilaian itu dilaksakan,  baru hari terakhir  merupakan  final  dan diumumkan 5 besar. Dan di luar dugaan, tidak hanya sebagai 5 besar, namun Yauma terpilih sebagai Juara 1 pemilihan Duta GenRe BKKN Jawa Timur.

“Sekali lagi, saya tak menduga akan dapat meraih prestasi maksimal dalam even ini, meski saya berangkat atas dasar coba-coba”, kata Yauma bahagia. (humas)

Add comment

Security code
Refresh