Jumat, 25 Oktober 2019 16:54
Print

Yogyakarta - Tim Bola Voli putri IAIN Tulungagung melenggang mulus ke semifinal turnamen Bola Voli Gama Cup IV setelah menkandaskan perlawanan tim Universitas Jember 3-0. Sempat tertinggal lebih dulu diawal set pertama, Elin dan kawan-kawan berhasil menyamakan kedudukan 7-7.  Permainan semakin menarik karena tim UNEJ juga memberikan perlawanan sengit. Perolehan angka saling mengejar hingga kedudukan 16-15. Akhirnya dengan variasi serangan yang lebih baik, Elin dkk menutup set pertama dengan 25-20.

Set kedua berjalan relatif lebih mudah. Perolehan angka tim IAIN Tulungagung terus unggul hingga 8-2. Tim UNEJ berusaha meningkatkan tempo permainan, namun pertahanan yang solid membuat serangan dapat digagalkan. setelah kedudukan 16-6, perolehan angka tim IAIN Tulungagung tak terbendung dan mengakhiri set kedua dengan 25-13.

Sadar nasib mereka berada diujung tanduk, tim UNEJ bangkit di set ketiga. Sempat memimpin 0-4 yang akhirnya dapat disamakan oleh tim IAIN Tulungagung hingga skor 8-7 di interval pertama. Pelatih M. Fatkhur melakukan perubahan dengan memasukkan Fitri dan menarik Elin. Memanfaatkan tinggi badan yang dimilikinya, berkali-kali Fitri mampu melepaskan smes tajam ke pertahanan UNEJ hingga skor 16-9. Perolehan angka terus melaju hingga set ketiga dimenangkan IAIN TUlungagumg dengan skor 25-14.

Dengan kemenangan ini, TIM IAIN Tulungagung menunggu pemenang antara Universitas Negeri Semarang vs Universitas Negri Yogya di partai semifinal.

Sukses tim putri tidak diikuti oleh tim putra IAIN Tulungagung. Mereka harus puas hanya sampai perempat final setelah ditakhlukkan tim Universitas Negeri Semarang dengan skor 3-1. Start buruk di awal set membuat Mancung dkk tertinggal 0-4 sebelum disamakan menjadi 4-4. terlihat sekali kalau tim UNNES sudah mempelajari kelemahan tim IAIN Tulungagung. Berkali-kali smes tajam dilancarkan dan selalu berhasil membobol pertahanan tim IAIN Tulungagung. Perolehan angka selalu tertinggal. Interval pertama 6-8, interval kedua 12-16 dan akhir set pertama ditutup 19-25.

Set kedua tim IAIN Tulungagung langsung unggul cepat hingga 4-0, sebelum menutup 8-3 di rehat pertama. Sempat bangkit untuk memberikan perlawanan, pertengahan set diakhiri dengan skor 16-12. Ritme permainan yang sudah dapat membuat permainan IAIN Tulungagung menjadi hidup. Smes tajam dilancarkan dan selalu dapat poin. Set kedua dimenangkan IAIN Tulungagung dengan skor 25-16.

Bak roller coster, permainan Mancung dan kawan-kawan kembali berantakan. Tertinggal jauh di interval pertama 2-8, tim IAIN Tulungagung berusaha bangkit. Namun tim lawan sudah dalam performa terbaik hingga perolehan angka melaju 8-16 sebelum diakhiri dengan 18-25.

Dengan sistem 3 kali kemenangan, tim IAIN Tulungagung berusaha bangkit. Namun berkali-kali pula serangan yang dilancarkan seakan membentur tembok. Pertahanan tim UNNES sangat solid, sementara blok-blok yang diperagakan Mancung dkk mudah ditembus. Berkali-kali pula kesalahan-kesalahan elementer dilakukan oleh pemain IAIN Tulungagung. Awal set sudah tertinggal 0-3. Perolehan angka terus berkejaran hingga 7-7. Pertengahan set masih tertinggal 14-16. Tim IAIN berusaha keluar dari tekanan. Selisih skor tidak lebih dari 2 angka hingga mampu menyamakan skor 19-19. Di saat angka kritis ini kesalahan kecil kembali dilakukan tim IAIN Tulungagung hingga lawan berhasil mengakhiri dengan skor 22-25. Dengan hasil ini pupus sudah harapan melaju ke semifinal seperti yang dicapai oleh tim putri. (fauzi)